Dinkes.sumselprov.go.id – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Prov. Sumsel, dr. Widya Anggraini, MARS mengimplementasikan Peraturan Kemenkes Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang protokol kesehatan di tempat atau fasilitas umum. Dimana dalam aturan itu, ada sejumlah protokol kesehatan ketat yang harus diterapkan di hotel atau penginapan, salah satunya adalah self assesment calon tamu. Widya,dr mengatakan, “ pertemuan ini kami terapkan protokol kesehatan sesuai aturan menkes 382 dimana peserta wajib mengisi Self Assesment sebelum hadir dalam pertemuan”, katanya, lanjut Widya menyampaikan “selain wajib masker, cuci tangan dan menghindari kerumuman, kami juga mewajibkan konsumsi makanan yang higienis berupa kemasan kotak baik nasi makan siang maupun snack ataupun minuman dalam kemasan tertutup yang diantar oleh petugas hotel atau diambil sendiri oleh peserta dengan tetap menjaga jarak dan selalu dibersihkan ketika aktivitas makan selesai” kata widya saat ditemui di Beston Hotel Palembang, Kamis, 08/10/2020.

Fauzudin, Salah satu peserta pertemuan Lokakarya Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas melakukan aktivitas cuci tangan di depan pintu sebelum masuk ruangan, Beston Palembang, Kamis, 08/10/2020.

Sebagaimana diketahui, mengutip https://kompaspedia.kompas.id/baca/data/dokumen/ bahwa Keputusan Menteri Kesehatan ini merupakan protokol kesehatan yang lebih spesifik bagi masyarakat dalam berkegiatan di tempat umum dan fasilitas umum selama pandemi Covid-19 memasuki masa normal baru. Aturan ditetapkan dalam enam keputusan, antara lain pemberlakuan Kepmenkes ini sebagai acuan bagi kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan masyarakat termasuk asosiasi, pengelola, pemilik, pekerja, dan pengunjung pada tempat dan fasilitas umum, disesuaikan dengan tingkat risiko wilayah penyebaran Covid-19 dan kemampuan daerah dalam mengendalikannya, dan ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan dalam bentuk panduan teknis yang dalam penyusunannya tidak mengesampingkan keterlibatan masyarakat.

Petugas hotel mengantarkan makanan dalam kemasan kotak kepada para peserta dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam menghadapi normal baru di masa pandemi Covid-19, Beston Hotel Palembang, Kamis, 08/10/2020

Bagian akhir Kepmenkes ini dilengkapi formulir penilaian mandiri terhadap risiko Covid-19 melalui enam pertanyaan beserta skor, sehingga dapat diketahui langsung tingkat risiko dari hasil penilaian. Enam variabel yang ditanyakan terkait dengan kegiatan kita selama 14 hari terakhir, yaitu pernah mengunjungi tempat umum (kerumunan orang), menggunakan transportasi umum, perjalanan ke luar kota/internasional (terutama wilayah yang terjangkit/zona merah), kegiatan yang melibatkan orang banyak, atau berjabat tangan/berbicara/berada dalam satu ruangan dengan orang yang dinyatakan sebagai ODP, PDP atau konfirm COVID-19, serta mengalami gejala seperti demam/batuk/pilek/nyeri tenggorokan dan/atau sesak nafas.

berikut Kepmenkes HK.01.07/Menkes/382/2020 yang dimaksud