hutpafi
Rayakan HUT PAFI yang ke 77 bersama Gubernur Sumsel, Diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Kadinkes Prov Sumsel) dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) di Halaman Kantor DPRD Prov. Sumsel, Minggu, 19/2/2023.

Palembang – dinkes.sumselprov.go.id , Gubernur Sumsel, Diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Kadinkes Prov Sumsel) dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) meresmikan acara peringatan Ultah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pengurus Cabang Kota Palembang yang Ke-77 di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (DPRD Prov. Sumsel) Palembang, Minggu, 19/2/2023. Dokter Tris menyampaikan pesan Gubernur Sumsel, Bapak H. Herman Deru (HD) bahwa tenaga teknis kefarmasian dibutuhkan di lapangan medis. “Tenaga Teknis Kefarmasian, adalah professional di bidang kesehatan yang fokus pada peracikan dan penggunaan obat yang aman dan efektif serta bekerja dan dibutuhkan dalam berbagai lapangan medis seperti di klinik, rumah sakit, dan dalam laboratorium penelitian” kata Dokter Tris.

dtrissampaikansambutangubernur
Pesan Gubernur Sumsel, Bapak H. Herman Deru, disampaikan oleh wakil Gubernur Sumsel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes., SpKKLP, dalam peresmia acara peringatan Ultah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pengurus Cabang Kota Palembang yang Ke-77 di Halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel Palembang, Minggu, 19/2/2023.

Lanjut lagi pesan HD ia mengatakan “Tenaga Teknis Kefarmasian  dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pengobatan yang diberikan kepada pasien.. bagaimana cara meminum obat atau menggunakannya yang baik dan rasional sehingga obat yang diberikan lebih efektif dalam penggunaannya dan bisa meningkatkan angka kesembuhan pada pasien yang berobat” imbuhnya.

Terkahir Dokter Tris pesankan dari HD untuk PAFI “Kami mengharapkan dengan peringatan hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia  yang ke 77 organisasi ini semakin dewasa dan semakin memberikan manfaat kepada masyarakat di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.. terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cerdas menggunakan obat, dan mendukung program pemerintah dalam penanggulangan stunting, pola hidup sehat serta bagaimana membantu dalam pengendalian penyakit baik yang menular maupun tidak menular. Ibarat filosofi pohon kelapa semua bagian dapat bermanfaat sesuai dengan perannya masing-masing di masyarakat untuk mencapai cita-cita sumsel maju untuk semua” tutup dokter Tris saat pembacaan sambutan Gubernur Sumsel sekaligus meresmikan acara.

potongtumpeng
Potong Tumpeng simbolik peresmian acara peringatan Ultah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pengurus Cabang Kota Palembang yang Ke-77 dihadiri oleh
Gubernur Sumsel yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP, Halaman Kantor DPRD Prov. Sumsel, Minggu, 19/2/2023.

Melansir informasi dari tim PAFI, Diketahui  terbentuknya PAFI pada tanggal 13 Februari 1946 kemudian diperingati sebagai peringatan Hari Persatuan Farmasi Indonesia. Sehingga peringatan tersebut sekaligus merayakan berdirinya PAFI, 77 tahun silam. Perjalanan panjang telah ditempuh oleh PAFI. PAFI telah mencatat sejarah, dimana didalam sejarah ada perjuangan dan dalam perjuangan tentulah ada pengorbanan.

PAFI sendiri merupakan organisasi profesi tertua di Indonesia yang didirikan sebagai wadah untuk menghimpun semua orang yang bekerja di bidang farmasi. Organisasi profesi  PAFI seiring waktu berkembang menjadi organisasi profesi tempat berhimpun para tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia yang sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Hadir Ketua Pengurus Daerah Persatuan Ahli, Farmasi Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kota Palembang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Badan POM Palembang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Para Anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia PC Palembang, Para Undangan yang berbahagia.