Palembang, dinkes.sumselprov.go.id – Orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 digelar di Hotel Duta Palembang, Selasa, 7 Maret 2023. Pada pembukaan dan sambutannya dilaksanakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (DokterTris), didampingi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dedy Irawan, SKM, MKM, dan Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat H. Imam Subroto, SKM, M.Kes.
sinergisalam
Salam Sinergi bersama peserta Komunikasi Antar Pribadi Nakes di Hotel Duta Palembang bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (DokterTris), didampingi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dedy Irawan, SKM, MKM, dan Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat H. Imam Subroto, SKM, M.Kes., Widyaiswara Bapelkes Provinsi SumSel, Mei susianawati, SKM. M.SI., Selasa, 7/3/2023.
Dokter Tris mengutarakan KAP dilaksanakan di minimal di 70 persen desa prioritas dalam rangka percepatan pencegahan stunting sesuai konteks lokal dan kebutuhan program yang fokus pada perubahan perilaku.
promkesoly
Pemateri dari Staf Program Promkes, Oly Putrisari, SKM menyampaikan materi KAP kepada Nakes Kab Kota, Duta Hotel, Rabu, 8/3/2023.
Kabupaten/Kota melaksanakan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) di minimal 70% Desa Prioritas”. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dalam rangka percepatan pencegahan stunting sesuai konteks lokal dan kebutuhan program yang fokus pada perubahan perilaku, melalui Komunikasi Antar Pribadi” ungkap Dokter Tris.
ctr2
Staf pengelola program , Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Citrasari, SKM dan Redi K, SKM, memberikan materi kepada peserta, Duta Hotel, 8/3/2023
“Komunikasi perubahan perilaku merupakan sebuah proses interaktif antar individu dan komunitas yang paling sesuai untuk membangun perilaku positif yang dikehendaki sesuai konteks lokal, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah tersebut. Tanpa adanya perubahan perilaku dari masyarakat, maka percepatan pencegahan stunting  akan sulit dilakukan” imbuhnya.
promkesdewi
Peserta KAP Nakes Kabupaten Kota bersemangat dalam menerima materi dari Pemateri Staf Rpogram Promkes Dinkes Prov Sumsel, Dewi Anggraini, SKM, MSi di Duta Hotel, Rabu, 8/3/2023.
Dokter Tris Kembali mengingatkan bahwa kesehatan bukanlah tanggung jawab satu sektor saja dan hendaknya masyarakat diposisikan sebagai subjek serta tata kelola promkes mesti dikuasai oleh nakes di tiap tingkatan di Puskesmas dan Dinkes Kabupaten Kota.
prktikwidyabahnan
Staf Program Kesmas, Ns. Widya Aprianti,S.Kep dan Bahnan, SKM, MKM memberikan praktik materi kepada peserta KAP, Duta Hotel, Rabu, 8/3/2023.
“Upaya meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, bukan merupakan proses yang mudah. Sehubungan dengan hal itu, dalam mengatasi masalah kesehatan, sektor kesehatan harus melibatkan lintas sektor terkait, serta berbagai kelompok masyarakat potensial. Masyarakat diposisikan sebagai subyek atau pelaku pembangunan kesehatan dan bukan sebagai objek, sehingga intervensi promosi kesehatan menjadi sangat strategis. Itulah sebabnya, pengelolaan promosi kesehatan harus dikuasai oleh petugas kesehatan di setiap tingkatan, terutama bagi para petugas promosi kesehatan baik di puskesmas maupun di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota” Tutur Dokter Tris saat membuka secara resmi acara.

pematerielia
Staf Program Promkes memberikan materi praktik kepada peserta Komunikasi Antar Pribadi (KAP) kepada Peserta KAP Nakes Dinkes Kab Kota di Duta Palembang, Rabu, 8/3/2023