Kadinkes Sampaikan Sambutan
Kepala Dinas Keaehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP sampaikan sambutan lepada peserta pelatihan manajemen Puskesmas Angkatan Pertama Tahun 2023, turut mendampingi Kepala Bapelkes Prov.Sumsel , Dewi, Oktaria, S.Sos, Selasa, 2 Mei 2023.

Palembang, dinkes.sumselprov.go.id – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP (dokter tris) membuka secara resmi Pelatihan Manajemen Puskesmas Angkatan I tahun 2023 yang dilangsungkan di Bapelkes Provinsi Sumsel, Selasa,2/5/2023. Dokter Tris  menyampaikan integrasi Puskesmas dengan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. “Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat.. untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut, Puskesmas mengintegrasikan program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga” jelas dokter tris.

“Keberhasilan pelaksanaan tugas Puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan Puskesmas”  oleh sebab itu, pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, ditetapkan bahwa pengangkatan Kepala Puskesmas memenuhi persyaratan telah mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas” imbuhnya.

Tambah lagi dokter tris menyatakan “Kepala Puskesmas sebagai penanggungjawab pelaksanaan kebijakan pembangunan kesehatan dengan fokus pendekatan keluarga diharapkan mampu memahami prinsip dan konsep pembangunan kesehatan serta tata kelola pelayanan kesehatan dengan prinsip-prinsip manajemen yang baik sehingga dapat menyelenggarakan Puskesmas yang sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK)” tuturnya.

Selanjutnya dokter tris menyampaikan Peraturan Menteri Kesehatan mengenai pembangunan kesehatan melalui puskesmas dengan program  pendekatan keluarga. “Pelatihan Manajemen Puskesmas ini mengikuti ketentuan Permenkes 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas, sebagai panduan perencanaan, penggerakkan dan pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja, Permenkes 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dengan mengacu pada perkembangan arah kebijakan pembangunan nasional dan pembangunan kesehatan serta prinsip-prinsip tatakelola pemerintahan yang baik dan benar, serta Permenkes Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga” ungkap dokter tris.

Hadir pada acara ini dari Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Ogan Ilir, Kepala UPTD BApelkes Prov. Sumsel,Para pejabat struktural Dinas Kesehatan Prov. Sumsel,  Dinkes Kab. Ogan Ilir dan UPTD Bapelkes Prov. Sumsel, Narasumber, Para fasilitator, pengendali pelatihan.