Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) didampingi Kepala Seksi Pekayanan Kesehatan Rujukan, H. M. Ifan Fahriansyah, SKM,M.Kes dan jajaran serta para peserta berfoto bersama para peserta dalam Pertemuan Evaluasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/kota Tahun 2023, Swarna Dwipa, Selasa, 21/11/2023.

Palembang, Dinkes Sumsel – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) meyampaikan pentingnya perlindungan sosial Di bidang Kesehatan Untuk Menjamin Pemenuhan Kebutuhan Dasar Kesehatan Yang Layak Melalui Penerapan Sistem Kendali Biaya Dan Kendali Mutu, dan diselenggarakan Berdasarkan Prinsip Ekuitas (persamaan) Bagi Seluruh Penduduk pada Pertemuan Evaluasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/kota Tahun 2023, Swarna Dwipa, Selasa, 21 November 2023.

“JKN Bertujuan Agar Masyarakat Dapat Memperoleh Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas Tanpa Menemui Hambatan Finansial Yang Berarti” Kata Dokter Tris saat sambutannya didampingi Kepala Seksi Pelayanan Rujukan, H. M. Ifan Fahriansyah, SKM,M.Kes.

Dokter Tris menuturkan, “misi Utama Program Jkn Yaitu Menjamin Akses Terhadap Layanan Kesehatan Sesuai Kebutuhan Medis  Dan Menghindarkan Setiap Orang Dari Menjadi Miskin Akibat Beban Biaya Berobat Ketika Musibah Penyakit Menimpa Seseorang” imbuhnya

Lanjut dalam pernyataannya “provinsi Sumatera Selatan Telah Mencapai Universal Health Coverage (uhc) Per 1 September 2023. Dimana Per 1 November 2023 Ini Jumlah Penduduk Sumatera Selatan Yang Telah Terjamin Melalui Program Jkn Mencapai 96,74% (8.469.264 Jiwa). dalam Upaya Mencapai Uhc Tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Mengalokasikan Anggaran Untuk Mendaftarkan 305.248 Jiwa Penduduk Sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Bp Provinsi” ungkapnya.

Pada ujung sambutan ia menginformasikan terkait anggaran dan Kabupaten Kota yang sudah Universal Health Coverage (UHC). “selain Itu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Telah Mengalokasikan Anggaran Kontribusi Pbi Jk Sejumlah @rp 2.100,-/jiwa. Dengan Total Anggaran Sejumlah Rp 72 Milyar..pada Saat Ini Ada 11 Kabupaten/kota Di Sumatera Selatan Yang Telah Mencapai Uhc, Yaitu: Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Pali, dan Kota Prabumulih”. tuturnya.

Setelah pembukaan kegiatan secara resmi, kegiatan langsung diisi dengan penyampaian materi JKN yang disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. Widya Anggraini, MARS kepada peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota dengan jumlah seluruh peserta 64 orang.