Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 59 yang biasa diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya saat ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2023. Acara yang dihadiri PJ. Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si (Fatoni) berlokasi di RS Umum Daerah Siti Fatimah Azzahra didampingi jg oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP dan Direktur RSUD Siti Fatimah Azzahra, dr. Syamsudin Surya Manggala, SpOG , Forkopimda, dan jajaran terkait.
Palembang, Dinkes Sumsel – Meski diguyur hujan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 59 yang biasa diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya saat ini tetap dilaksanakan pada tanggal 22 November 2023. Acara yang dihadiri PJ. Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si (Fatoni) berlokasi di RS Umum Daerah Siti Fatimah Azzahra. Tahun ini HKN mengangkat Tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” yang sejalan dengan fokus tujuan Pemerintah Daerah Sumatera Selatan yaitu “Sumsel Sehat Sejahtera” yang dicanangkan tahun 2023 – 2024 ini.

 

Fatoni mengingatkan pentingnya hidup sehat. “Peringatan HKN ini mengingatkan betapa pentingnya kita untuk hidup sehat dan betapa pentingnya memberikan pelayanan kesehatan” Katanya. Ia juga menuturkan perlunya cara berpikir atau mindset yang baik karena sangat mempengaruhi tubuh kita. “kita perlu sehat, sehat jasmani dan rohani, sehat jiwa , sehat mental juga sangat penting.. cara berpikir kita .. akan mempengaruhi hidup kita, bagaimana mindset kita sangat penting.. jika cara berfiir tidak sehat,
cara berfikir tidak baik maka mental kita akan terganggu” jelasnya.

 

Fatoni pun mengatakan budaya hidup sehat perlu dibentuk dari diri kita, keluarga dan lingkungan. “mari ajak anak kita makan makanan yang menyehatkan, untuk disajikan kepada mereka .. perlu membiasakan pola hidup sehat.. maka akan menjadi gaya hidup.. yang akan menjadikan kita bahagia dan sejahtera” ungkapnya

 

Ia juga menyatakan sekaligus berpesan terkait gambaran Pilar Transformasi Kesehatan di Sumatera Selatan yang terdiri dari program layanan, infrastruktur, SDM. “kita ada program sumsel berkat, pengobatan gratis , ada kegiatan yang mendukung kegiatan pribadi dan lingkungan.. kita harus peduli terhadap stunting, kemiskinan ekstrim.. perlunya memperbaiki pelayanan kesehatan, mudah, murah, nyaman, perlu memperbaiki SDM untuk jangan berhenti berlatih, jangan berhenti belajar, ikuti seminar-seminar jurnal pertemuan ilmiah, update terus untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat, perlu memperbaiki sarana prasarana, informasi dan teknologi, jemput bola, dan tentu kita bekerja harus ikhlas” kata Fatoni dalam pernyataannya.

 

Akhir sambutan Fatoni memberikan nasihat kepada insan kesehatan, “Pekerjaan bidang kesehatan adalah pekerjaan mulia karena langsung membantu masyarakat..tidak banyak orang bisa menolong orang lain tapi bapak ibu punya kesempatan, punya ilmu, sarana prasarana, punya kemampuan’ katanya.

Tak lupa Pj. Gubernur Sumsel setelah memberikan sambutan sekaligus mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke 59. “kita berharap semoga kita semua diberikan kesehatan dan dihilangkan segala penyakit,
mari terus bersemangat , kesehatan adalah segala galanya, Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke 59, tingkatkan sumsel sehat , sumsel maju, sumsel mandiri , sumsel sejahtera”.

Pada waktu yang sama dilakukan Launching ruang pelayanan pengembangan intensif RSUD Siti Fatimah Azzahra dan meninjau pengembangan kawasan lahan RSUD Siti Fatimah bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP dan Direktur RSUD Siti Fatimah Azzahra, dr. Syamsudin Surya Manggala, SpOG.

Rangkaian acara ini juga mengajak masyarakat umum Sumsel untuk ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan tanpa dikenakan biaya diantaranya layanan IVA, Pemeriksaan Posbindu Penyakit Tidak Menular, Pemeriksaan Swab PCR dan Anti Gen, Donor Darah, Deteksi dini Osteoporosis, Pemeriksaan buta warna, Pemeriksaan USG Skrining Varises, Pemeriksaan EKG, Pemeriksaan USG pada Ibu Hamil, Pemasangan Kontrasepsi, Pelayanan Fisioterapi, Deteksi Dini pada kanker serviks Pap Smear.

Selain memberikan banyak penghargaan kepada Kabupaten Kota yang berprestasi di Sumsel, Provinsi Sumatera Selatan juga turut sangat berbangga dengan penghargaan tingkat nasional yang diperoleh sampai Bulan November 2023 ini telah memperoleh sebanyak enam belas penghargaan yang tentunya diraih oleh para tenaga kesehatan selama tahun 2023. Hal ini juga tentu tidak lepas dari peran banyak pihak dari Kabupaten Kota di Sumsel yang telah saling membantu dalam mencapai kesuksesan atas penghargaan ini.