Berkumpul bersama para penanggung jawab Toko Alat Kesehatan di Palembang, dalam Pertemuan Strategis Pengelolaan Alat Kesehatan. Dr. Tris menyoroti pentingnya keamanan, mutu, dan manfaat alat kesehatan sesuai regulasi, sementara Terry Suciati, sebagai Ketua Panitia, melaporkan harapan untuk peningkatan layanan kesehatan di masyarakat. Semoga pemahaman yang diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik, Swarna Dwipa Palembang, Senin, 4/12/2023

Palembang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Dinkes Prov. Sumsel) – Pertemuan Pengelolaan Alat Kesehatan (Alkes) sesuai Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) bagi penanggung jawab Toko Alkes secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes, SpKKLP (Dokter Tris) didampingi oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, dr. Icon Harizon, MKM yang berlangsung pada tanggal 4-5 Desember 2023 di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Dokter Tris dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pengelolaan alat kesehatan yang baik di Toko Alat Kesehatan untuk menjamin keamanan, mutu, dan manfaat alat kesehatan yang didistribusikan. Juga harus menggunakan alat produk kesehatan dalam negeri sesuai peraturan Permendagri katanya saat menyampaikan sambutan.

“Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No 14 Tahun 2021, Toko Alat Kesehatan harus memiliki penanggung jawab yang bekerja penuh waktu dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman tertentu.. pengetahuan tentang regulasi yang terkait dengan alat kesehatan menjadi kunci untuk menjaga keamanan dan mutu produk,” ungkap Dokter Tris.

Selain itu, pembukaan pertemuan ini juga dihadiri oleh narasumber dari Direktorat Pengawasan Alkes dan PKRT Kemenkes RI, serta para peserta yang terdiri dari Penanggung Jawab Toko Alkes. Mereka mendapatkan pemahaman mendalam mengenai proses distribusi alat kesehatan, cara pengadaan, penyimpanan, hingga penyerahan produk kepada pengguna akhir.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam menjaga kualitas alat kesehatan yang beredar di pasaran serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan para penanggung jawab toko alkes. Diharapkan, dengan adanya pertemuan ini, distribusi alat kesehatan di Provinsi Sumatera Selatan dapat semakin terjamin keamanan, mutunya, dan manfaatnya.

Pada tempat acara dan waktu yang sama, Kasi Alat Kesehatan, Terry Suciati, ST, M.Si selaku Ketua Panitia yang melaporkan dasar kegiatan, tujuan kegiatan, jumlah peserta, materi yang disampaikan, narasumber yang terlibat, dan pembiayaan kegiatan. “Semua tahapan kegiatan dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan No.03/KEP/KES/SK/2023” kata Terry.

Lanjut ia menuturkan Pertemuan ini diharapkan peserta. “Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan alat kesehatan di tingkat toko, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas layanan kesehatan di masyarakat.. harapannya agar peserta dapat mengimplementasikan pemahaman yang diperoleh dalam kegiatan sehari-hari ungkapnya.