transformasilayanamprimersumsel
Bersama-sama menuju layanan kesehatan primer yang berkualitas! Foto ini merefleksikan momen kolaborasi antara pusat dan daerah dalam Workshop Transformasi Layanan Primer di Sumatera Selatan. Dukungan penuh dari pemangku kebijakan, narasumber terkemuka, dan peserta menciptakan momentum berharga untuk mewujudkan sistem kesehatan yang terjangkau dan efektif, Swarna Dwipa Palembang, Kamis, 30/11/2023

Palembang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel – 30 November 2023 – Workshop Sosialisasi Transformasi Layanan Primer tingkat provinsi yang diselenggarakan di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, pada tanggal 30 November hingga 1 Desember 2023, sukses menyedot perhatian para pemangku kebijakan, narasumber, dan peserta dari 17 kabupaten/kota, 348 puskesmas, serta berbagai lintas program yang turut membanggakan acara ini.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumatera Selatan selaku Ketua Panitia, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan acara yang dihadiri oleh para narasumber terkemuka dari Kemenkes RI, Bappeda Prov. Sumsel, dan Dinkes Prov. Sumsel.

Workshop ini memiliki tujuan mulia, yaitu membentuk komitmen pusat daerah dalam transformasi layanan primer, penguatan koordinasi di semua tingkatan, dan menyusun rencana aksi implementasi transformasi layanan primer hingga tahun 2024.

Dalam dua hari intensif, peserta workshop yang berjumlah 414 orang, terdiri dari kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota, pimpinan puskesmas, serta tim dari Dinkes Prov. Sumsel, dibimbing oleh narasumber ahli dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dan BAPPEDA Provinsi Sumatera Selatan.

Waktu dan tempat pelaksanaan workshop yang berlangsung di Hotel Swarna Dwipa memberikan ruang yang efektif untuk menyampaikan materi-materi penting, seperti pembentukan komitmen transformasi layanan primer, penguatan, dan integrasi pelayanan kesehatan primer.

Metode yang diaplikasikan dalam workshop, seperti ceramah, tanya jawab, dan diskusi, memastikan peserta terlibat aktif dalam pembahasan. Hal ini sejalan dengan misi workshop untuk mencapai kesepakatan tingkat provinsi guna optimalisasi transformasi layanan primer.

Dalam sambutan pembukaan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Edward Candra, MH, menyatakan dukungan penuh terhadap transformasi sistem kesehatan, khususnya pelayanan primer. Transformasi ini melibatkan berbagai elemen, termasuk penguatan promotif preventif, pemenuhan sarana-prasarana, dan integrasi sistem informasi yang terkini.

Dalam acara ini, turut hadir narasumber pusat dari Pusat Strategi dan Sistem Kesehatan Kemenkes RI, Sandy Ardiansyah, S.ST, MS, dan Direktorat Tata Kelola Kesmas Kemenkes RI, Sutaryanto, SKM, MKM. Dr. Widya Anggraini, MARS, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, juga ikut serta memberikan kontribusi berharga.

Workshop ini menjelma menjadi panggung kolaborasi yang erat antara pusat dan daerah, menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan primer di Sumatera Selatan. Harapannya, transformasi ini dapat memberikan dampak positif dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Workshop ini adalah langkah bersama dalam merajut komitmen dan aksi nyata untuk mewujudkan layanan kesehatan primer yang berkualitas dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat,” ujar Kadinkes, dr. H. Trisnawarman, M.Kes, SpKKLP selaku Ketua Panitia.

“Sumatera Selatan harus bersatu, bahu-membahu, dalam mendukung dan melaksanakan transformasi pelayanan kesehatan primer di semua lini,” kata Drs. H. Edward Candra, MH, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumatera Selatan.

Workshop ini menciptakan momentum berharga, dan Sumatera Selatan kini diharapkan dapat menjadi percontohan kesuksesan transformasi layanan primer bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia.