Berkolaborasi dalam Krisis: Kepala Dinkes Sumsel dr. Trisnawarman dan Kepala Dinkes Muratara Tasman, S.ST, M.Si bersama BPBD Sumsel Hadir di Penanganan Darurat Banjir Muratara, Jumat 12/1/2024.

Musi Rawas Utara, Dinkes Sumsel – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr. H. Trisnawarman,M.Kes,Sp.KKLP,Subs.FOMC, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara Tasman,S.ST,M.Si juga tim kesehatan bersama BPBD Provinsi Sumsel hadir dalam penanganan gabungan untuk bencana banjir di beberapa kecamatan, antara lain Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Rupit, Karang Dapo, dan Rawas Ilir, jumat, 12/1/2024.

Bencana banjir yang terjadi pada Rabu, 10 Januari 2024, pukul 07.00 Wib akibat curah hujan yang tinggi telah menyebabkan terhambatnya aktivitas perekonomian masyarakat, ribuan rumah terendam, fasilitas umum terdampak, dan 7 jembatan gantung putus. Meskipun kerugian masih dalam proses pendataan diketahui tidak ada korban jiwa.

Dalam upaya penanggulangan, dr. Trisnawarman menjelaskan bahwa Gubernur telah memberikan bantuan logistik berupa paket sembako sebanyak 600 paket dan beras 1 ton, yang diterima langsung oleh Wakil Bupati. Selain itu, koordinasi telah dilakukan dengan Pemkab Muratara. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan turut andil dengan menyediakan bantuan berupa mobil klinik, obat-obatan, PMT, bahan habis pakai untuk pelayanan kesehatan, oksigen konsentrator, serta berbagai perlengkapan medis lainnya.

Petugas dari BPBD Provinsi Sumsel juga aktif melakukan pelayanan kesehatan dan trauma healing. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan nyata kepada korban bencana banjir. Peninjauan lapangan dan pengecekan dapur umum terus dilakukan untuk memastikan kebutuhan mendesak terpenuhi. Meski debit air masih mengalami kenaikan bervariasi, tim relawan terus bekerja keras untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga terdampak.