Dalam rangka meningkatkan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD), sangat penting untuk mengedepankan kebersihan personal. Selain melakukan penyuluhan massal, strategi Pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat dimulai dengan mengubah "paksaan" menjadi "kebiasaan" bagi setiap individu dari rumah ke rumah. Menggunakan slogan "Cegah Dengue Berawal Dari Rumah Saya" dapat menjadi pendorong yang efektif. Berikut adalah contoh media Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang bisa dibuat oleh Dinas Kesehatan atau Puskesmas dan dipasang di rumah warga, terutama di wilayah dengan tingkat kasus DBD yang tinggi. *)Didit.
denguechikungunya
Dengue dan chikungunya merupakan dua jenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.
Dengue:
Dengue, juga dikenal sebagai Demam Berdarah Dengue (DBD), disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.
Gejala umum dengue meliputi demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, ruam kulit, dan kelelahan.
Jika tidak ditangani dengan tepat, dengue dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih serius dan mengancam nyawa, seperti demam berdarah.
Chikungunya:
Chikungunya disebabkan oleh virus chikungunya yang juga ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.
Gejala chikungunya meliputi demam tinggi, nyeri sendi yang parah, pembengkakan sendi, ruam kulit, dan kelelahan.
Meskipun jarang mengancam nyawa, chikungunya dapat menyebabkan gejala yang sangat mengganggu dan sering kali menimbulkan kekakuan sendi yang berlangsung dalam jangka waktu lama.
Kedua penyakit ini memiliki gejala yang mirip dan penyebarannya melalui gigitan nyamuk yang sama. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan dan pengendalian yang sama diterapkan untuk mengurangi risiko penularan kedua penyakit ini.